December 20, 2009

Masalah Pendidikan Tidak Akan Rampung

Pendidikan di Indonesia banyak menyisakan masalah-masalah dan pertentangan antara beberapa pihak. Tentang kurikulum baru, tentang anggaran dana, maupun tentang kualitas pendidik. Konsep dasar dari rencana kerja Departemen Pendidikan Nasional pada 2010 mendatang akan bertumpu pada fondasi kebijakan nondiskriminatif dan pendidikan untuk semua.

Menurut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh kedua fondasi itu terdiri dari lima pilar pencapaian tujuan, yaitu pilar ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan, serta keterjaminan. Pilar ketersediaan dijadikan awal pijakan untuk menjalankan program ke depan

Nuh mengatakan, masalah dalam dunia pendidikan memang tidak akan pernah rampung. Untuk itu, fokus RKP 2010 bidang pendidikan akan mencakup empat hal, mulai dari peningkatan kualitas Wajar 9 Tahun yang merata, peningkatan akses, kualitas, dan relevansi pendidikan menengah dan tinggi, kualitas dan relevansi pendidikan nonformal, serta profesionalisme dan kesejahteraan pendidik.

Pada 2010 masalah yang dijadikan fokus pencapaian kerja Depdiknas adalah bagian dari proses dan komitmen Depdiknas. Peningkatan kualitas akan memunculkan masalah baru untuk dipecahkan, apalagi jika dikaitkan dengan kualitas.

Salah satu pemecahan ialah dengan pemberian 20.000 beasiswa untuk siswa SMA/MA/SMK untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, yang menjadi salah satu program 100 hari departemen yang dipimpin oleh Nuh.

Selain beasiswa di jenjang pendidikan tinggi, Depdiknas juga menyiapkan untuk jenjang lainnya. Di jenjang sekolah dasar (SD), Depdiknas akan memberikan beasiswa kepada sebanyak 1,8 juta siswa dengan besar anggaran Rp 677,26 miliar. Di jenjang SMP, beasiswa disiapkan untuk sebanyak 751.193 siswa, dengan anggaran Rp 413,16 miliar.

Adapun beasiswa tingkat SMA akan diberikan kepada 248.124 siswa dengan besar anggaran senilai Rp 193,54 miliar. Di tingkat SMK, Depdiknas menyiapkan beasiswa untuk 305.535 siswa dengan besaran jumlah anggaran Rp 251,48 miliar.

So, dakara. , .

Siap2 bgi adEk2 SMA iAnk maU kuLiah tEntuNya. , .

beRibu2 bEasIswa MenAnti Anda. ,.

Makanya kuLiah iAnk RajIn towgh

No comments:

Post a Comment