January 4, 2010

nUi c0nt0h bKin kAraNgan dRe kEraNgkA kAraNgan

Tema : Pilihan prodi pendidikan fisika Judul : Banyak Jalan Untuk Kuliah
Kerangka : 1. Jalur masuk Universitas
2. Pendidikan Fisika sebagai piliahan kedua
3. Alasan masuk Prodi Pendidikan Fisika
4. Rencana setelah Lulus


Banyak Jalan Untuk Kuliah


Banyak Jalan menuju Roma, begitu pepatah yang sering diucapkan oleh banyak orang. Namun, bagi Saya bukan Banyak Jalan untuk Kuliah, atau Banyak Jalan Untuk Menjadi Mahasiswa. Bagaimana tidak? Sekarang ini hampir ada empat sampai lima jalur yang disediakan oleh masing-masing universitas. Dan hal itu memberikan harapan bagi sejumlah calon mahasiswa yang kurang beruntung pada tes-tes sebelumnya.
Seperti misalnya Universitas Negeri Malang yang menyediakan lima Jalur masuk, diantaranya Jalur PMDK Prestasi, PMDK Mandiri, Ujian Mandiri 1, Ujian Mandiri 2, dan SNMPTN. Dan dengan perjuangan keras, Saya berhasil masuk Universitas Negeri Malang melalui jalur Ujian Mandiri 1. Itu pun setelah Saya melewati 3 Jalur yang lain di Universitas lain.
Pada saat mengikuti Seleksi Masuk Ujian Mandiri Universitas Negeri Malang, Saya memilih Pendidikan Matematika sebagai pilihan pertama dan Pendidikan Fisika sebagai Pilihan kedua. Namun Saya gagal pada pilihan pertama dan akhirnya Saya masuk pada pilihan kedua.
Mengapa memilih jurusan Fisika padahal banyak orang tahu bahwa Fisika itu pelajaran yang sangat sulit dan rumit. Saya sendiri pun bisa dikatakan kurang bisa pada mata pelajaran Fisika. Maka dari itu Saya memilih Fisika sebagai pilihan kedua. Banyak alasan mengapa Saya memilih Program studi Pendidikan Fisika. Yang pertama Saya sudah gagal pada 3 Ujian yang sudah Saya lewati, jadi saya memilih Fisika karena peminat pada program studi Pendidikan Fisika ini cukup sedikit dari program studi lain. Yang kedua karena SMP dan SMA sedang membutuhkan guru Fisika. Dan yang ketiga adalah karena doa ibu yang ingin Saya kuliah di Pendidikan agar nanti Saya bisa menjadi guru. Karena tugasnya yang mulia dan pekerjaan itu cocok dilakukan oleh perempuan. Kenapa pekerjan itu cocok dilakukan oleh perempuan? Karena perempuan harus lebih banyak waktu di rumah dengan anak-anaknya. Dan menjadi guru, terutama guru Pegawai Negeri Sipil hanya membutuhkan waktu 5 sampai 7 jam untuk mendidik siswa-siswanya di sekolah, dan meluangkan 17 jam untuk merawat, mendidik, dan menemani anak-anaknya di rumah.
Kini Saya sudah menemukan Jalan Menjadi Mahasiswa. Sekarang Saya akan menjalani hari-hari yang penuh perjuangan untuk menjadi seorang guru. Dan tentunya Saya mempunyai tujuan atau rencana setelah menjadi Mahasiswa. Setelah menjadi Mahasiswa Saya akan mendaftarkan diri menjadi calon guru di SMA Alumni Saya, dan mendaftarkan diri menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

No comments:

Post a Comment